Minggu, 10 Juli 2011

Membuat Replikasi Database MySQL











Jika kita ingin menjaga konsistensi data antar 2 database agar selalu sama, maka replikasi diharuskan untuk diterapkan, replikasi bukan hanya menjaga konsistensi data tapi lebih jauh adalah menjaga kelangsungan bisnis perusahaan.
didalam MySQL relikasi bersifat satu arah.. artinya replikasi dilakukan dari Master Database ke Slave database, Slave tidak bisa menjadi master…sekali Master DB di set jadi master tidak akan bisa berubah menjadi slave artinya tidak bisa mengapdosi sistem cluster dimana setiap DB bisa melakukan replikasi ke database tertentu dan sebaliknya.
Replikasi di MySQL ini sudah cukup baik, kecepatan replikasi juga baik dan untuk menjaga data penting anda sudah sangat layak untuk dipertimbangkan untuk digunakan,  Karena sistem replikasi MySQL bersifat satu arah, MySQL tidak dapat melakukan failover Database jika Database master crash, fail over dilakukan manual melalui aplikasi, setting ulang koneksi database anda ke Slave DB jika Master DB terjadi gangguan.
Sebelum anda melakukan replikasi, sebaiknya anda install MySQL Databse dengan versi yang sama untuk Master DB dan Slave DB, berbeda versi kemungkinan akan menyebabkan gangguan yang terjadi dikemudian hari. Berikut cara melakukan setup Replikasi Database MySQL di Sistem operasi windows:
1. Langkah pertama adalah Matikan seluruh aplikasi yang terkoneksi ke Database MySQL anda.
2. Dump data di Master DB kedalam sebuah file (lakukan backup melalui tools lain yang anda pakai jika anda tidak menggunakan MySQL Dump), dalam contoh ini kami melkukan dump Master DB menggunakan MySQL dump.
3. Persiapkan Slave DB, pastikan koneksi dari Master DB ke Slave DB baik dan setting user root Master DB dan Host Master DB di beri akses/grant full akses read and write ke Slave DB (ini penting dilakukan jika kemudian hari anda perlu koneksi ke Slave DB melalui Master Server)
4. Buat Konfigurasi My.ini di Master DB sebagai berikut :
[mysqld]
server-id = 1
log-bin = D:/MySQL/bin         #ini adalah path bin directory anda sesuai anda instalasi database di master server
binlog-do-db = namadatabasesaya      #sebaiknya isikan nama database anda
5. Buat konfigurasi Mu.Ini di Slave DB sebagai berikut :
[mysqld]
server-id = 2
master-host = 192.168.1.3         # Tulis IP server Master server anda
master-user = root                        #administrator user database
master-password =  passroot                     #password administrator database anda
replicate-do-db = smscenter                      #sebaiknya isikan nama database anda
6. Pastikan database Slave dan Master anda bekerja normal, untuk mengetesnya lakukan restart database master dan slave anda sekarang, jika normal maka database akan startup tanpa ada kendala. cara restart MySQL melalui services di control panel dan cari service MySQL kemudian lakukan restart.
7. Lakukan reset Replikasi di Master DB, gunanya untuk mereset pointer replikasi Master ke titik awal.
Welcome to the MySQL monitor.  Commands end with ; or \g.Your MySQL connection id is 85Server version: 5.1.34-community-log MySQL Community Server (GPL)Type "help;" or "\h" for help. Type "\c" to clear the current input statement.mysql> RESET MASTER;Query OK, 0 rows affected (0.53 sec)
8.Lakukan reset replikasi di Slave DB, gunanya untuk mereset pointer replikasi Slave ke titik awal.
Welcome to the MySQL monitor.  Commands end with ; or \g.Your MySQL connection id is 19Server version: 5.1.34-community MySQL Community Server (GPL)Type "help;" or "\h" for help. Type "\c" to clear the current input statement.mysql> STOP SLAVE;Query OK, 0 rows affected (0.00 sec)mysql> RESET SLAVE;Query OK, 0 rows affected (0.08 sec)mysql> SLAVE START;Query OK, 0 rows affected (0.03 sec)mysql>
9. Restart Master DB dan Slave Database anda, caranya melalui services di control panel dan cari service MySQL kemudian lakukan restart, lakukan pada server Master DB dan Slave DB.
10. dan yang terakhir adalah jalankan Aplikasi anda, point aplikasi anda ke Master Database dan periksa database Slave pada saat database master terjadi perubahan data transaksi, Database Slave akan ikut berubah sesuai data di Master DB.

Download File Click Here:

0 komentar:

Posting Komentar

adam ilyasa. Diberdayakan oleh Blogger.